1 Juta Warga Kota Tangerang Diperkirakan Mudik Lebaran 2024

TANGERANGNEWS.com-Jumlah masyarakat Kota Tangerang yang diperkirakan akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga diprediksi sampai menyentuh angka 1 juta penduduk.

Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin dalam Diskusi Publik Ramadan yang digelar Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya di Tangcity Mal, Kamis 28 Maret 2024.

“Perkiraan kami masyarakat Kota Tangerang yang akan pulang kampung atau mudik di Hari Raya Lebaran 2024 ini, jumlahnya akan lebih dari 50 persen atau sekitar 1 juta orang,” katanya.

Tingginya jumlah masyarakat yang berangkat mudik tersebut, lantaran mayoritas penduduk Kota Tangerang adalah pendatang. Umumnya mereka merupakan masyarakat yang memilih Kota Tangerang sebagai tempat tinggal, lantaran bekerja di pabrik-pabrik maupun di Ibukota DKI Jakarta.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Tangerang pun akan berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk memastikan kesiapan sebelum masyarakat memuli aktivitas mudik.

“Selain itu pengawasan juga telah dilaksanakan dengan melakukan rambu petunjuk arah dan memeriksa kesehatan terhadap pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP),” sambungnya.

Untuk melayani pemudik yang menggunakan jalur darat, ruas-ruas jalan tol juga telah dilakukan percepatan perbaikan.

Kadiv Ops dan Pemeliharaan Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak Samsul Chair menuturkan, perbaikan dilakukan terhadap seluruh infrastruktur yang dapat menunjang kelancaran pemudik dalam berkendara, terlebih menuju Pelabuhan Merak.

“Sudah dari jauh-jauh hari kami melakukan perbaikan sarana dan prasarana di ruas jalan tol, karena masyarakat yang akan mudik ke Pulau Sumatera akan melintasinya,” ungkapnya.

Sementara Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menjelaskan, fokus penanganan menjelang penyelenggaraan arus mudik adalah memastikan keamanan, kenyamanan dan kelancaran pengendara.

Oleh karena itu, aparat Kepolisian akan mengantisipasi apabila ada pengendara yang hendak beristirahat, ketika melakukan perjalanan mudik dengan menyediakan beragam posko.

Baca Juga  Bawaslu Kota Tangerang Usulkan Pemungutan Suara Lanjutan di 11 TPS

“Mulai dari posmo kemanaan, posko pelayanan dan posko terpadu didirikan di jalur-jalur arteri yang akan dilintasi masyarakat ketika mudik,” ujarnya.

Ia juga mengumbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran, karena memiliki resiko lebih tinggi terlibat kecelakaan lalu lintas.

 “Keutamaan lebaran adalah bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga, jangan sampai terjadi resiko dalam perjalanan mudik ini, tentu juga kita (polisi) menekan terjadinya angka kecelakaan,” pungkas Zain.

Pihaknya siap memberikan pelayanan penitipan kendaraan sepeda motor maupun mobil gratis saat mudik Lebaran 2024.

Layanan penitipan gratis di Polres dan Polsek ini merupakan tindak lanjut arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

“Tempat-tempat kami mulai akan perintahkan pada kapolsek-kapolres untuk menyediakan tempat penitipan gratis mulai dari sepeda motor hingga mobil,” jelas Zain.

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *