Kandang Banteng? Ini 5 Partai Politik dengan Pemilih Terbanyak di Kota Tangerang 

TANGERANGNEWS.com- Kota Tangerang merupakan salah satu wilayah yang diperebutkan oleh partai politik untuk memperkuat basis pemilihnya.

Pasalnya, menurut Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Tangerang memiliki 1,36 juta orang pemilih.

Angka tersebut ialah 15 persen dari total pemilih di Provinsi Banten, dan 0,7 persen secara total pemilih nasional dalam Pemilu 2024 mendatang.

Berdasarkan jumlah perolehan suara pada Pemilu 2019 silam, terdapat lima partai politik dengan jumlah pemilih terbanyak di Kota Tangerang. Berikut rinciannya dilansir dari katadata.co.id, Rabu, 27 September 2023.

1. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan 

PDI Perjuangan berhasil meraih dukungan sebanyak 214 ribu suara, atau setara dengan 23,07 persen dari total suara sah yang berhasil dipertahankan.

Berdasarkan hal ini, PDI Perjuangan menjadi partai politik dengan jumlah pemilih terbanyak di Kota Tangerang.

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Tak mau kalah, rival PDI Perjuangan di kontestasi Pemilu 2019, Gerindra juga mencatatkan pencapaian yang signifikan dengan memperoleh dukungan sebanyak 134 ribu suara, yang berkontribusi sebesar 14,48 persen dari total suara sah yang terhitung.

3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Posisi ketiga ditempati oleh PKS dengan perolehan sebanyak 119 ribu suara, berhasil mempertahankan 12,89 persen dari total suara sah yang tercatat dalam pemilihan tersebut.

4. Partai Golongan Karya (Golkar)

Meskipun berada di bawah PDIP dan Gerindra dalam perolehan suara, tetap mengukuhkan posisinya dengan meraih 102 ribu suara, atau 11,07 persen dari total suara sah yang terhitung.

5. Partai Demokrat 

Di posisi kelima, Demokrat mencatatkan dukungan sebanyak 75 ribu suara, yang berkontribusi sebesar 8,15 persen dari total suara sah dalam pemilihan di Kota Tangerang.

Baca Juga  Hari Pertama Bertugas, PJ Bupati Tangerang Pastikan Warga Tidak Kesulitan Bikin KTP

Demikian lima partai politik dengan jumlah pemilih terbanyak di Kota Tangerang.

Perlu diingat, data tersebut berdasarkan hasil Pemilu 2019 dan bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu pada Pemilu 2024 mendatang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *