Ovarium Kiri Kiky Saputri Diangkat Gegara Kista, Dokter Boyke Sebut Masih Berpeluang Hamil 

TANGERANGNEWS.com- Duka tengah dialami Komika Kiky Saputri lantaran baru saja keguguran serta ovarium kirinya harus diangkat akibat kista.

Hal itu diungkapkan Kiky melalui kanal YouTube pribadinya pada Minggu, 17 Maret 2024, lalu.

Pengisi acara Lapor Pak itu mengalami keguguran di usia kandungan 2,5 bulan karena kista ikut berkembang bersama janinnya.

Namun, meski telah melakukan kuret untuk mengeluarkan janin yang sudah tak bernyawa tersebut, Kiky masih mengalami sakit luar biasa di bagian vaginanya.

Setelah diperiksa lebih lanjut, rupanya kista tersebut masih terus berkembang di luar dinding rahim Kiky dengan ukuran 5,1-5,2 sentimeter.

Suami Kiky, Muhammad Khairi mengatakan, saat itu dokter memberikan penjelasan bahwa ovarium kiri Kiky harus diangkat.

“Dokter bilang ini harus diangkat karena sudah terjadi peradangan di situ,” ujarnya dikutip Selasa, 19 Maret 2024.

Menurut dokter, jika kista tidak segera diangkat maka akan berpotensi membahayakan nyawa Kiky. Sebab, dikhawatirkan menjalar ke usus bahkan hingga ovarium kanan.

“Mau enggak mau ovarium kiri Kiky itu harus diangkat. Dan ternyata ovarium kiri itu tempat waktu itu Kiky hamil,” ucap Khairi.

Sementara itu, Seksolog dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS menyebut bahwa seorang wanita yang hanya memiliki satu ovarium masih dapat hamil, bahkan berpeluang besar.

Hal itu dikatakan dokter Boyke saat menjawab pertanyaan di kanal YouTube Sonora FM pada 21 Desember 2021 silam.

Dokter Boyke menyampaikan, bukan berarti dengan hanya memiliki satu ovarium saja maka kesempatan hamil berkurang menjadi 50 persen.

“Hanya mekanisme kompensasi asja ya, kerjaan dua ovariumnya jadi diambil alih oleh satu ovarium,” jelas dokter Boyke.

Kendati begitu, dokter Boyke menyarankan agar tetap berkonsultasi dengan dokter agar dapat menjaga baik-baik ovarium yang hanya tersisa satu tersebut. Terlebih, jika penyebabnya kista.

Baca Juga  Wawali Tangsel Minta Satgas Pastikan Stok dan Harga Beras Aman



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *