6 Hewan Paling Cerdas di Dunia, Ada Simpanse hingga Orangutan

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Kemampuan kognitif hewan telah lama menjadi objek kajian ilmuwan dan pengamat. Di dunia binatang, dapat ditemukan hewan-hewan yang menunjukkan tingkat kecerdasan yang mengagumkan, terkadang bahkan mendekati atau bahkan melebihi kemampuan kognitif manusia pada beberapa aspek.

Dirangkum dari dari berbagai sumber, berikut daftar hewan paling cerdas di dunia.

1. Simpanse

Dikutip dari AZ Animals, simpanse merupakan saudara terdekat manusia dalam hal keragaman genetik. Simpanse memiliki tingkat kecerdasan yang mengagumkan. Hewan ini mampu memecahkan masalah rumit, menggunakan alat, dan bahkan belajar bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan manusia.

2. Orangutan

Sama seperti simpanse, orangutan mampu menggunakan alat, belajar bahasa isyarat dan memiliki struktur sosial rumit yang melibatkan ritual. Perbedaan keduanya adalah kemampuan kognitif untuk memahami mengapa atau alasan di balik tindakan tertentu.

Di penangkaran, orangutan telah belajar penggunaan alat dan proses membangun struktur sederhana. Ketika para peneliti melepaskannya ke alam liar, mereka mengamati bahwa orangutan yang sama mengimprovisasi alat dari apa yang dapat ditemukan dan kemudian membangun struktur serupa untuk berlindung dari hujan.

3. Lumba-lumba

Lumba-lumba adalah contoh luar biasa dari hewan laut yang cerdas. Mereka memiliki otak yang besar dan rumit serta kemampuan untuk memahami perintah, belajar trik dan berkomunikasi dengan anggota kelompoknya melalui beragam suara dan gerakan tubuh.

Dikutip dari Howstuffworks, lumba-lumba juga menggunakan alat di lingkungan alaminya dan dapat mempelajari serangkaian perintah perilaku yang mengesankan dari pelatih manusia.

Iklan

4. Gagak

Gagak sering dianggap sebagai salah satu hewan paling cerdas di dunia burung. Gagak mampu memecahkan masalah rumit, mengingat wajah manusia, dan bahkan menggunakan alat untuk mendapatkan makanan.

5. Anjing

Anjing memiliki daya ingat sosial yang kuat dan kemampuan untuk membaca ekspresi wajah manusia. Anjing juga dapat dilatih untuk melakukan berbagai tugas dan perintah.

6. Gajah

Otak gajah sangat berat. Dikutip dari The Most10, beratnya sekitar 5 kilogram lebih. Mamalia besar lainnya, seperti badak dan kuda nil tak memiliki ukuran otak sebesar itu. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa gajah memiliki kemampuan untuk menggunakan objek yang berbeda secara kreatif tanpa diajari secara langsung.

Gajah diketahui membersihkan makanannya dan menggunakan alat dengan berbagai cara di alam liar,dan juga dapat mengikuti perintah manusia di penangkaran.

Pilihan Editor: 5 Hewan dengan Daya Ingat Kuat, Ada Gajah dan Lumba-lumba



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *