Cara Membuat Bubur Merah Putih, Makanan Khas 17 Agustus dengan Aroma Pandan yang Semerbak

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Selain berbagai lomba dan upacara, merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus juga dilakukan dengan syukuran. Berbagai menu biasa dihidangkan mulai dari tumpeng hingga bubur merah putih. 

Dilansir dari laman Hiveblog, bubur merah putih merupakan bubur yang dibuat sebagai cara menolak kesialan dalam hidup dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan keselamatan, rezeki yang baik, hasil panen yang melimpah, serta ucapan syukur lainnya. Dalam bahasa Jawa, bubur ini juga umum disebut sebagai Jenang Sengkala. 

Umumnya, bubur merah putih ini sering dibuat pada saat perayaan hari ulang tahun, kelahiran, pesta adat, perayaan panen, serta acara adat lainnya yang melambangkan rasa syukur. Oleh karena itu, setiap Agustusan, sebagian masyarakat sering memasak bubur ini sebagai wujud rasa syukur saat HUT RI. 

Bubur ini sebenarnya berwarna cokelat dan putih, namun karena menggunakan gula merah maka disebut dengan bubur merah putih. Bahan utama pembuatan bubur merah putih ini adalah beras ketan.

Selain itu, masyarakat Jawa juga selalu menggunakan daun pandan untuk membuat bubur merah putih. Aroma daun pandan yang Khas akan meresap ke dalam bubur dan menambah kelezatan bubur tersebut. Berikut adalah resep dan cara membuat bubur merah putih yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah.

Bahan-bahan: 

  • 350 gram beras ketan
  • 1250 mili liter air
  • 1 sachet santan instan 60 ml ditambah dengan 30 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • setengah sendok teh garam
  • 80 gr gula merah

Cara Membuat: 

Langkah 1

Siapkan semua bahan, kemudian didihkan air dan masukkan nasi serta daun pandan. Tutup panci dan sesekali aduk hingga kuah mengental

Langkah 2

Setelah kuah mengental, tambahkan santan dan garam, kemudian aduk rata dan matikan kompor. 

Langkah 3

Bubur yang sudah matang dibagi menjadi dua bagian. Kemudian tuangkan gula merah pada salah satu bagian lalu aduk hingga rata (hingga bubur berwarna kecokelatan). Sementara itu, bagian yang lain tetap biarkan berwarna putih.

Langkah 4

Sajikan bubur dalam mangkuk. Untuk penyajian ini, Anda bisa variasikan sesuai keinginan Anda. Anda bisa menuang bubur berwarna putih dahulu kemudian baru ditambahkan yang berwarna coklat ditengahnya maupun sebaliknya. Letakkan potongan daun pandan sebagai garnish sekaligus membuat bubur lebih harum. 

Pilihan Editor: Sering Pecahkan Muri, Berikut 5 Rekor Bendera Merah Putih

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *