Jazuli PKS Ikhtiar Perjuangkan Golok Banten Jadi Warisan Budaya RI ke Unesco

Tak Berkategori

Senin, 7 Agustus 2023 – 20:50 WIB

Jakarta – Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menghadiri Festival Rampak Pencak Silat di Kota Cilegon, Minggu kemarin. Festival itu diikuti para pendakar pencak silat dari 50 perguruan se-Cilegon dengan menampilkan kompetisi seni pencak silat serta atraksi debus Banten. 

Baca Juga :

Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan Disiapkan, Siapa Orang-orangnya?

Jazuli menyampaikan dalam kesempatan itu, dirinya perjuangkan golok Banten sebagai warisan budaya Indonesia ke Unesco. Ia menceritakan bersama Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri memimpin rombongan Fraksi PKS DPR ke markas  The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) di Prancis dalam misi diplomasi budaya. 

Dia menekankan dalam khasanah budaya nasional, diusulkan agar golok Banten dicatat dan diakui sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco.

Baca Juga :

Indonesia Breaks World Record for the Largest Angklung Performance

“Diplomasi budaya ini penting dan strategis bagi bangsa Indonesia karena salah satu kekuatan dan kebesaran Indonesia ada pada kekayaan budayanya,” kata Jazuli, dalam keterangannya, Senin, 7 Agustus 2023.

Baca Juga :

Ini Makna Mahkota yang Disematkan ke Miss Universe Indonesia 2023

Jazuli bilang seni dan budaya juga bernilai ekonomi yang mahal yang jika dikelola dengan baik. “Bisa mendatangkan devisa melalui wisata serta mensejahterakan ekonomi rakyat,” tutur Anggota DPR dari daerah pemilihan Banten tersebut.

Bangga Pencak Silat

Halaman Selanjutnya

Jazuli juga menyebut pencak silat sebagai seni budaya asli Indonesia yang telah diakui dunia melalui Unesco sebagai World Heritage dalam kategori Warisan Budaya Takbenda asal Indonesia pada 2019.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *