PSI Bicara Soal Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo: Belum Tentu Rival, Siapa Tahu Duet

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Grace Natalie menegaskan pihaknya belum menentukan arah dukungan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya, menurut dia, dinamika pencapresan jelang 2024 masih cair.

PSI sebelumnya telah menyatakan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sesuai hasil pooling yang mereka sebut Rembuk Rakyat pada November 2022 lalu. Kendati demikian, PSI disambangi oleh capres yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Soal dua hal itu, Grace kembali menyatakan bahwa peta politik saat ini masih cair. Dia pun menilai belum tentu Ganjar dan Prabowo menjadi rival.

“Belum tentu jadi rival. Siapa tahu jadi duet. Masih cair,” kata Grace kepada Losergeek.org, Kamis, 3 Agustus 2023.

Grace menjelaskan, pernyataan dukungan kepada Ganjar Pranowo pada tahun lalu sedianya bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar mulai memikirkan sosok pemimpin masa depan. Menurut dia, sosok capres ini hendaknya berkomitmen melanjutkan program pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

“Kalau estafet selanjutnya tidak punya komitmen, sia-sia 9 tahun kita buang uang banyak, investasi waktu yang banyak. Uang bisa dicari, tapi waktu nggak bisa diputar,” kata Grace.

PSI tunggu arahan Jokowi

Usai bertemu dengan Prabowo Subianto di Kantor DPP PSI pada Rabu lalu, Grace mengaku partainya punya banyak kesamaan pandangan baik dengan Prabowo maupun Gerindra. Misalnya, kata dia, PSI dan Gerindra mengamini bahwa segala perbedaan mesti ditinggalkan untuk memajukan Indonesia. Hal yang tak kalah penting adalah persatuan bangsa sehingga Indonesia jadi negara yang kuat.

Adapun ihwal dukungan pada Pilpres 2024, Grace menyatakan partainya tegak lurus terhadap arahan Presiden Jokowi. Pasalnya, RI 1 itu disebut Grace merupakan sosok yang dikagumi partainya.

Iklan

Grace menyatakan sosok yang dijagokan pada 2024 adalah kandidat yang melanjutkan program Jokowi. “Oleh karenanya, apakah sudah mengerucut ke mana? PSI siap bergerak sesuai arahan Pak Jokowi,” kata Grace di Kantor DPP PSI, Rabu, 2 Agustus 2023.

Prabowo ajak PSI bergabung ke KIR

Sementara itu, Prabowo mengaku mengajak PSI gabung ke koalisinya pada Pilpres 2024. Gerindra saat ini bermitra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Bulan Bintang (PBB) dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

“Oh iya (ajak PSI ke KIR). Kita tentunya ingin mengajak semua kekuatan merah putih, semua kekuatan Indonesia untuk bekerja sama,” kata Prabowo.

Prabowo mengaku tak mempersoalkan besar kecilnya partai kala mengunjungi PSI. Kendati tidak masuk parlemen pada Pemilu 2019 lalu, Prabowo melihat PSI sebagai partai yang diisi oleh anak-anak muda idealis, punya cita-cita tinggi, dan berkomitmen terhadap persatuan bangsa.

Menteri Pertahanan itu mengaku punya banyak kesamaan pandangan dengan PSI. Ia mengatakan dalam waktu dekat, PSI akan menggelar kunjungan balasan ke Gerindra.

“Saya merasa sangat senang diundang, dan saya datang dan terima kasih dikasih kesempatan. Saya menyampaikan pandangan-pandangan saya yang saya lihat banyak kecocokan,” kata Prabowo. 

IMA DINI SHAFIRA | FRANSISCA CHRISTIE



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *